Pantai Baron Jogja – Info Lengkap Pantai Unik Di Gunung Kidul | Wisata Jalan

Posted on

Pantai Baron Jogja – Gunong Kidul adalah kabupaten yang ada di Jogja terkenal memiliki deretan pantai dengan pemandangan yang menakjubkan. Bagi beberapa wisatawan, pantai di Gunung Kidul yang memiliki pemandangan indah adalah pantai Indrayanti.

Meski masih banyak pantai dengan pemandangan yang tak kalah indahnya dari pantai Indrayanti, salah satunya adalah Pantai Baron.

Meski pemandangan di pantai ini masih kalah dengan pantai Indrayanti, namun Pantai Baron memiliki keunikan tersendiri yang mampu memingat wisatawan.

 

Daya Tarik Pantai Baron?gambar pantai baron

Pantai Baron memiliki pasir coklat kehitaman yang khas mirip dengan Pantai parangtritis, ditambah ombak di Baron Beach yang juga sangat besar, meski bentuknya seperti teluk.

Pantai Baron adalah salah satu pantai yang unik di Jogja karena di kawasan wisata ini kita bisa menemukan dua jenis air, yaitu air asin dan air tawar yang berasal dari sungai di pantai.

Tidak hanya arus sungai biasa, sungai ini terletak di sebelah barat Pantai Baron yang mengalir langsung menuju laut.

Uniknya, setiap 5 tahun sekali aliran sungai di Pantai Baron akan berubah arah, yang mengalir ke timur terlebih dahulu (berpisah pantai berpasir) sebelum bermuara ke laut.

Seperti beberapa pantai yang ada di Laut Jawa, setiap 1 hari Syura di Pantai Baron selalu mengadakan upacara laut laut sebagai ucapan terima kasih dari masyarakat setempat karena panen ikannya yang melimpah.

Selain menjadi tempat wisata favorit di Jogja, Pantai Baron juga merupakan pusat pelelangan ikan (TBI) di Gunung Kidul, jadi jangan kaget saat memasuki kawasan pantai akan ada banyak kapal nelayan yang diparkir.

Baca juga :

Pantai Kukup – Pesona keindahan Di Kawasan Gunung Kidul Yogyakarta

Tak hanya itu, Pantai Baron juga menjadi salah satu tempat untuk mencari masakan di Jogja, dalam atraksi Gunung Kidul ini ada banyak warung yang berjejer yang menawarkan aneka menu.

Makanan di kawasan Pantai Baron ini lebih didominasi oleh seafood, yang cocok untuk anda pecinta seafood seperti lobster, lobster, ikan dan udang.

Karena ombak di Pantai Baron sangatlah besar, maka bagi Anda yang ingin berenang diharapkan tetap waspada, ya, agar lebih aman Anda bisa berenang di air tawar di tepian tepi sungai.

Tidak seperti Pantai parangtritis, Pantai Baron tidak memiliki takhayul tentang pakaian hijau, jadi Anda tidak perlu takut untuk datang ke sini sambil mengenakan pakaian hijau.

Pemandangan di Pantai Baron sangat bagus, apalagi jika Anda naik di tebing ke pantai timur, dari puncak jurang kita bisa melihat seluruh area pantai baron, sejuk lagi di tebing juga merupakan mercusuar yang anda kenal.

Dari atas mercusuar kita bisa melihat Pantai Baron yang terlihat kecil dengan bukit-bukit sekitarnya, jika kita melihat ke timur, kita bisa melihat deretan pantai lain, terutama Pantai Kukup yang hanya dipisahkan oleh tebing Kars saja.

Baca juga :

Pantai Drini – Pantai Tenang Yang Ramai Di Kunjungi Di Gunung Kidul | Wisata Jalan

Catatan:

Jika Anda melihat dari dekat, ketika Anda melihat ke timur, Anda akan melihat pantai kecil tepat di tepi tebing, pantai kecil yang memiliki pasir putih dengan ombak besar, dan pantai kecil yang bisa Anda kunjungi dengan berjalan menyusuri perbukitan dan ladang penduduk.

Bukit Timur Pantai Baron juga biasa digunakan sebagai rute trekking dan kamp darat, jadi bagi Anda yang ingin tinggal, Anda bisa mendirikan tenda di atas bukit.

Tidak hanya lereng timur yang menarik untuk dikunjungi, namun tebing sebelah Barat juga sangat wajib bagi kita untuk didaki.

Di jurang barat ada tempat yang digunakan sebagai stasiun energi dengan kekuatan alami yang disebut Baron Techno Park.

Untuk menuju ke Baron Techno Park kita bisa melewati jalan sebelum Pantai Pantai Baron, disana ada pertigaan di jalan, ikuti jalannya sampai Anda tiba di lokasi.

Atau jangan tersesat Anda bisa bertanya kepada petugas pos tentang lokasi Baron Techno Park, tapi jangan tanya tentang lokasi jodoh anda, karena petugas tidak tahu.

Di Baron Techno Park kita akan menemukan berbagai jenis peralatan yang digunakan untuk mengubah energi matahari menjadi listrik, seperti panel surya menjadi jam matahari yang digunakan sebagai jam dengan sinar matahari. Baron Techno Park juga ideal untuk menghabiskan malam di sekitar Pantai Baron.

Baca juga :

Air Terjun Sri Gethuk | Wisata Alam Di Gunung Kidul Yogyakarta Yang Mempunyai Pesona Luar Biasa

Sejarah nama pantai Baron

gambar pantai baron
gambar pantai baron fhoto Riki_rikarya

Nama Baron berasal dari bangsawan Belanda bernama Baron Skipper. Para bangsawan pernah mendaratkan kapalnya ke salah satu pantai di Laut Selatan khususnya di pantai yang kini dikenal dengan Pantai Baron.

Fasilitas:

  • Tempat Warung
  • Toilet
  • Tempat parkir
  • perkemahan
  • Mercusuar
  • Toko suvenir
  • Dan masih banyak lagi.

Harga Tiket Masuk Pantai Baron :

  • Rp. 10.000 orang

Mercusuar:

  • Rp. 5.000 orang

Mendaki keatas Bukit :

  • Retribusi Seiklasnya

Baca juga :

Info Lengkap Pantai Nglambor Gunung Kidul | Akuarium Semesta Dengan Sepasang Kura-Kura

Akomodasi (Penginapan)

Sudah ada banyak rumah di sekitar Pantai Baron, untuk lebih jelasnya tentang lokasinya anda bisa bertanya pada pemilik warung atau pada warga sekitar. Untuk sedikit menghemat anda bisa berkemah di bukit sebelah timur pantai.

Lokasi :

  • Alamat. Desa Kimadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul
  • 60 km dari Pusat Kota Yogyakarta via Jl. Nasional Ketiga (1 jam 39 menit)
  • 60 km dari Station Lempuyangan via Jl. Nasional Ketiga (1 jam 39 menit)
  • 56 km dari Bandara Int. Addiscepto melalui Jl. Nasional Ketiga (1 jam 28 menit)
  • (Perkiraan waktu tempuh jika tidak ada masalh)

Rute Menuju Pantai Baron Joga

Akses ke Pantai Barron cukup mudah, mudah diakses oleh kendaraan umum dan kendaraan pribadi.

# Transportasi umum

Jika Anda menggunakan kendaraan umum, mulai dari terminal Giwangan Anda bisa naik Bus jurusan Jogja-wonosari, diikuti dengan naik bus kecil melalui Pantai Baron.

#Kendaraan Pribadi

Pada saat yang sama, jika Anda menggunakan mobil pribadi, dari Jogja Anda harus tetap mengikuti ke arah wonosari dan ada banyak petunjuk ke Pantai Baron, cukup ikuti instruksinya.

Baca juga :

Pantai Indrayanti Gunungkidul | Pantai Paling Romantis Di Yogyakarta

Tips Berkunjung Ke Pantai Baron:

  • Jika Anda datang pada waktunya, setiap 5 tahun aliran sungai air tawar di pantai ini akan berubah arah dengan membagi pantai pasir horisontal.
  • Karena ombaknya cukup besar sehingga Anda harus berhati-hati saat berenang.
  • Ada tempat untuk menyewa ban dan pelampung untuk Anda yang tidak bisa berenang, jadi jangan khawatir.
  • Jangan sampai membuang sampah sembarangan dan selalu mematuhi peraturan
  • Lebih disarankan menggunakan kendaraan pribadi, terutama sepeda motor karena jalurnya yang sempit dan berliku.

Wisata Terdekat Pantai Baron (-1 Jam):

Kukup Beach (4 menit)

Pantai Beach adalah salah satu pantai terindah di Gunung Kidul, Pantai Beach memiliki pulau karang seperti Pantai parangtritis, meski memiliki pantai yang tidak terlalu lama, namun Pantai Beach selalu takjub oleh para wisatawan yang datang.

Sepanjang Beach (9 menit)

Seperti namanya, Pantai Sepanjang memiliki garis pantai yang sangat panjang seperti pantai parangtritis, hanya saja pasir di pantai ini berwarna putih, banyak yang bilang kalau Pantai Sepanjang mirip dengan Pantai Kuta Bali dahulu.

Pantai Drini (10 menit)

Pantai Drini masih kalah populer dengan pantai lain di Gunung Kidul, tapi ini bahkan menjadi daya tarik tersendiri dari Pantai Drini, karena kurang diminati, Pantai Drini yang sangat sepi pengunjung, pantai ini sangat cocok untuk mereka yang menyukai suasana yang sepi.

Baca juga :

Mengenal Lebih Dekata Gunung Semeru | Wisata Jawa Timur

Demikianlah ulasan dari wisatajalan.com mengenai pantai Baron Jogja, semoga dengan adanya artikel ini bisa sangat membantu anda yang hendak ingin melakukan perjalanan kesini. semoga liburan anda menyenangkan ya:)

Pantai Baron Jogja – Info Lengkap Pantai Unik Di Gunung Kidul | Wisata Jalan
5 (100%) 1 vote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *