Pantai Batu Bengkung – Menikmati Sunset di Malang Selatan Jawa Timur | Wisata Jalan

Posted on

Pantai Batu Bengkung – Bila liburan panjang, pastinya menghabiskan waktu dengan pergi ke luar kota menjadi salah satu pilihan. Bisa berlibur ke luar negeri untuk berlibur ke tempat-tempat wisata di Tanah Air. Bagi yang memiliki dana biasa-biasa saja, tentu saja liburan keliling tur domestik bisa menjadi pilihan yang tepat. Apalagi, kawasan wisata Indonesia cukup banyak yang siap memanjakan para wisatawan. Mulai dari kawasan wisata pendidikan, sejarah, reliji hingga wisata alam.

gambar pantai batu bengkung

Bagi penggemar kawasan wisata alam, biasanya gunung dan pantai menjadi pilihan tepat untuk menghabiskan waktu liburan. Apalagi, Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki banyak kawasan wisata pantai yang siap memanjakan para wisatawan. Tidak hanya Bali dan Lombok yang sekarang menjadi target. Di Pulau Jawa tepatnya di Malang, Jawa Timur, Jawa Timur memiliki deretan pantai yang siap memanjakan para wisatawan. Berawal dari pantai Jelangkung, Blue Spring, Wedi Klopo, Clungup sampai kawasan wisata Watu yang basah kuyup.

Selain kawasan wisata yang disebutkan di atas, masih ada kawasan wisata yang sangat menarik di bumi yang merupakan penunjukan bagi Arema Malang. Kawasan wisata ini adalah Pantai Batu Bengkung. Wisata alam adalah pantai yang berada di pesisir selatan Malang Selatan Malang tepatnya cukup terkenal dengan eksotisme. Apalagi pantai ini secara langsung berhubungan dengan Samudra Hindia yang memiliki panorama dan juga ombak besar. Tentu menjadi salah satu daya tarik kawasan wisata ini.

Baca juga :

Info Lengkap Pantai 3 Warna Malang – Lokasi & Rute | Wisatajalan.com

Melihat Pantai Batu Bengkung

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa Pantai Batu Bengkung terletak di pesisir pantai selatan. Jadi cukup alami bahwa ombak dan kontur dan topografi pantai mirip dengan pantai lain di sepanjang pantai selatan. Oleh karena itu sangat wajar jika para wisatawan tidak diperbolehkan berenang keliling laut. Hal ini disebabkan kontur pantai yang cukup curam dan juga ombaknya sangat besar. Di Pantai Batu Bengkung ada papan peringatan dengan tulisan “Tidak Berenang” yang sangat jernih sepanjang pantai. Hal ini tentu saja untuk menghindari para wisatawan berenang di sekitar pantai yang berbahaya.

Namun, pengunjung bisa berenang mengelilingi Pantai Batu Bengkung sesuai urutan Tim SAR. Bila waktunya tepat, tim SAR biasanya akan memberitahu wisatawan bahwa pantai akan aman untuk berenang. Hal ini didasarkan pada angin dan ombak di sekitar kawasan pesisir. Keunikan pantai Batu Bengkung adalah adanya genangan air yang tidak jauh dari pantai. Dan di daerah ini biasanya para wisatawan bisa bebas berenang tanpa takut terkena ombak yang disambar karang.

Area kolam ini terbentuk berkat ombak besar yang menabrak barikade karang sehingga terbelah. Batuan yang membentang di sepanjang pantai ini membuat ombak dan juga air laut yang melewati barikade harus terjebak di baskom dan juga menciptakan kolam air asin alami. Tentu dengan kolam air asin di balik terumbu ini bisa membuat para wisatawan berenang dengan aman dan terbebas dari ombak. Dan tentu saja relatif lebih aman untuk digunakan. Namun, kolam ini tidak akan bertahan lama. Alasan kolam ini nantinya saat air laut di pantai Batu Bengkung surut. Jadi jika berminat untuk berenang disekitar kolam, harus menunggu air pasang dulu.

Baca juga :

Keindahan Pantai Lenggoksono Malang”Beserta Maps”

Panorama eksotik di Pantai Batu Bengkung

Kawasan wisata alam Batu Bengkung tidak diperbolehkan untuk berenang. Namun, sisi yang menarik dan juga eksotisme pantai Batu Bengkung bukan aktivitas berenang. Tapi pemandangan dan juga panorama eksotisnya bisa ditemukan disini. Berbeda dengan pantai disekitar kota Malang.

Di Pantai Batu Bengkung, para wisatawan bisa melihat lebih detail bagaimana matahari terbenam mampu memberikan senja senja yang mempesona. Hal ini karena pesisir Batu Bengkung memiliki pantai yang memiliki pandangan langsung ke arah barat yang membuat panorama jauh lebih eksotis. Berbeda dengan pantainya yang lain di kota Malang. Ditambah lagi saat saat matahari terbenam atau terbenam, air laut di sekitar pantai langsung mereda. Hal ini tentunya membuat barikade karang di sekitar pantai terlihat lebih sempurna

Saat menyaksikan matahari terbenam adalah saat yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke kawasan resor pantai ini. Dan sudah menjadi rahasia umum bahwa hampir semua pengunjung yang datang ke Pantai Batu Bengkung ingin melihat dan melihat keindahan senja di pantai Batu Bengkung. Bahkan, kabarnya hampir sekitar 100 orang setiap hari rela meluangkan waktu untuk berkemas di sekitar sini untuk melihat sinar matahari tenggelam.

Tak hanya itu, ternyata keindahan di pagi hari juga menjadi daya tarik kawasan wisata alam ini. Bahkan ada turis yang rela datang di malam hari hanya untuk melihat keindahan matahari di pagi hari. Untung semua fasilitas yang ada di pantai Batu Bengkung cukup lengkap dan bisa diakses 24 jam.

Baca juga :

Inilah 50 Tempat Wisata Di Malang Yang Tidak Boleh Di Lewatkan

Asal Batu Bengkung

gambar pantai batu bengkung.

Asal usul mengapa kawasan wisata pesisir ini disebut Batu Bengkung disebabkan oleh bebatuan yang ada disekitar pantainya. Sehingga gugus batuan ini memiliki bentuk yang menyerupai wanita yang dibekung. Tujuan dibekung ini adalah wanita yang memakai stagen yang merupakan salah satu tradisi Jawa setelah melahirkan. Hal ini karena membuat perut kembali ramping atau bisa langsing. Pantai Batu Bengkung sendiri terletak di Desa Gajah Rejo, Kecamatan Gedangan. Biasanya dibutuhkan waktu sekitar 2 sampai 3 jam perjalanan jika menggunakan kendaraan pribadi baik dari Malang. Bisa juga diakses dari Surabaya, Banyuwangi dan juga Solo. Dan posisi Pantai Batu Bengkung terletak di ujung paling barat antara pantai-pantai di wilayah Malang Selatan.

Baca juga :

Kebun Binatang Surabaya | Tempat Wisata Di Surabaya Kebun Terbesar Se-Asia Tenggara

Keseruan Kemah di Kamp Batu Bengkung

Seperti disebutkan di awal bahwa Pantai Batu Bengkung memiliki keindahan di siang hari dan juga pagi hari. Karena itu, banyak wisatawan yang memutuskan untuk berkerumun di sekitar pantai. Saat memasuki pagi hari, disekitar pantai ini terdapat perbukitan atau tebing yang berada di barat daya atau di barat – selatan ara dari Pantai Batu Bengkung yang menghadirkan panorama yang indah. Bukit atau tebing bisa diakses dengan sangat mudah saat air laut surut. Saat air laut berpasangan, ada perpisahan antara pantai Batu Batu dan juga dengan bukit ini. Biasanya pada pagi hari para wisatawan akan pergi ke bukit atau tebing untuk melihat keindahan pantai ini.

Untuk menuju ke bukit Batu Bengkung, perjalanan akan sedikit sulit. Karena akses ke bukit cukup menanjak. Dan dituntut untuk mendaki bukit. Begitu pula saat menuju ke area puncak. Pengunjung harus melangkah melalui langkah satu langkah dan harus bersabar dan bergantian. Untuk akses lebih mudah, jalur ke barat bukit Batu Bengkung memiliki jalur yang kurang sulit. Tentu bisa diakses dengan mudah. Sesampainya di bukit atau tebing Batu Bengkung, para wisatawan bisa melihat pemandangan yang indah dan panorama dari puncak tebing yang sangat indah. Keindahan laut, bebatuan dan daerah pantai mampu mendinginkan mata. Saat di bukit, mohon hati-hati. Jalan dan perbukitan tidak memiliki vegetasi dengan air laut sehingga sangat berbahaya jika tidak waspada.

Baca juga :

Bukit Moko Bandung – Menikmati Keindahan Tempat Wisata Malam Di Bandung

Rute ke Pantai Batu Bengkung

Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi kawasan resor Pantai Batu Bengkung, bisa menggunakan jalan rambu yang menuju ke Pantai Sendang Biru. Setrelah itu terus kendaraan melalui Pantai Goa China dan juga Pantai Bajulmati. Kawasan pantai resor Batu Bengkung terletak sekitar 2 Km dari pantai Bajulmati.

Selama perjalanan ke Pantai Batu Bengkung dari pusat kota Malang, wisatawan bisa melihat keindahan panorama yang bisa dilihat di sekitar jalur Trek Selatan yang disebut Jembatan Bajul Mati. Jembatan ini memiliki panjang sekitar 90 meter dan memiliki lebar sekitar 15 meter. Dan di bawahnya ada danau yang sangat mempesona dan juga memberikan pemandangan yang sangat indah.

Selain Jembatan Bajaj Mati, saat berwisata ke Batu Bengkung, para wisatawan juga akan diajak melewati pantai menawan di sepanjang Malang Selatan. Pastinya memberikan pemandangan yang menakjubkan. Salah satunya adalah Pantai Goa China, Pantai Watu Leter dan juga Pantai Ungapan. Tak jauh dari pantai Batu Bengkung ada Pantai Bajul Mati, Pantai Jelangkung, Pantai Parang Dowo, Pantai Telok dan Pantai Kajaran. Pantai Batu Bengkung berada di ujung garis pantai ini di Malang Selatan. Tak salah bila di daerah Malang Selatan memiliki nama panggilan sebagai Pantai Surganya dan Kota Seribu Pantai.

Setelah melewati dan juga melewati deretan pantai yang indah diatas, para wisatawan baru menuju kawasan wisata Pantai Batu Bengkung. Keitka ada di gerbang masuk, para wisatawan bisa melihat bendera merah dan putih disamping tulisan Batu Bengkung. Dan para pengunjung wajib membayar tiket masuk sekitar 5 ribu per orang. Sedangkan untuk camping gratis. Sementara tenda bisa membawa sendiri atau menyewakan di tempat.

Baca juga :

3 Wahana Terbaik Di The Lodge Maribaya “Tempat Wisata Di Bandung”

Pintu masuk dan fasilitas

Untuk tiket parkir, tiket sepeda motor diaplikasikan seharga 5 ribu per sepeda motor. Sedangkan untuk tetap dikenakan biaya 10 ribu. Fasilitas yang disediakan pengelola Pantai Batu Bengkung sudah sangat lengkap. Mulai dari toilet, warung, hingga parkir kendaraan 24 jam dan juga tempat ibadah. Di kawasan wisata Pantai Batu Bengkung ada juga beberapa saung atau gubuk yang bisa digunakan untuk bersantai dan juga berlindung dari panas matahari.

Harga Tiket Masuk : 5.000 / orang

Buka/Tutup: 24 jam

Tips perjalanan ke Batu Bengkung

Untuk berlibur ke pantai Batu Bengkung, para wisatawan harus membawa ponsel cerdas atau smartphone untuk mengakses google map jika tersesat di jalan. Meski panduan jalannya cukup banyak, akses yang berliku bisa membuat para pengunjung tersesat. Jangan lupa bawa tenda sendiri jika ingin bermalam di pantai ini. Dan tentu saja membawa kamera untuk mengabadikan momen di pantai ini.

Baca juga :

  1. Pemandian Air Panas Ciater – Info Lengkap Tempat Wisata Alam di Jawa Barat | Wisatajalan.com
  2. Info Lengkap Taman Safari Prigen Pasuruan “Harga Tiket Masuk” | Wisatajalan.com
  3. Info Museum Geologi Bandung – Tempat Wisata Edukasi Yang Menyenangkan | Wisatajalan.com
  4. 10+ Tempat Wisata Di Subang Yang Paling Banyak Di Kunjungi Oleh Wisatawan | Wisatajalan.com

Demikianalh ulasan mengenai pantai Batu Bengkung yang ada di malang selatan, semoga dengan adanya ulasan ini bisa membantu teman-teman yang ingin berlibur kesini, terimakasih sudah mengunjungi wisatajalan.com sebagai media travelling.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *