Pemandian Air Panas Ciater – Info Lengkap Tempat Wisata Alam di Jawa Barat | Wisatajalan.com

Posted on

Pemandian Air Panas Ciater – Indonesia adalah negara yang memiliki kekayaan alam melimpah, banyak pemandangan alam yang sangat mempesona dan cantik. Jawa Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki pesona alam yang indah, karena keindahan alamnya tidak mengherankan bahwa Jawa Barat memiliki banyak tempat wisata.

Banyak tempat wisata di kota-kota Jawa Barat yang sengaja dibuat atau yang memang sudah disediakan alam, salah satu tempat wisata alam di Bandung adalah pemandian air panas ciater.

  • Lokasi: Jl. Raya Ciater, Nagrak, Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat 40154
  • Harga tiket masuk: Rp.22.000 – 88.000 / orang
  • Buka / Tutup: buka 24 jam
  • Telepon: (0260) 471700

gambar pemandian air panas ciater jawa barat

Pemandian air panas Ciater yang berada di daerah subang Jawa Barat ini sangat terkenal, tidak hanya wisatawan tanah air yang datang ke tempat ini, tapi juga turis mancanegara juga banyak yang datang ke pemandian air panas ini.

Hal ini karena pemandian air panas dari ciater adalah pemandian air panas terbesar di Jawa barat, disamping persiapan tanah yang baik yang membuat pemandian air panas tertata dengan baik dan fasilitas yang lengkap juga menambah daya tarik untuk mengunjungi pemandian ini.

Saat mandi atau hanya sekedar berendam di pemandian air panas ciater ini akan membuat tubuh kita rileks dan otot yang kaku karena aktivitas sehari-hari akan menjadi lebih rileks.

Baca juga :

Info Museum Geologi Bandung – Tempat Wisata Edukasi Yang Menyenangkan | Wisatajalan.com

Sejarah dan karakteristik Pemandian Air Panas Ciater

Dahulu kawasan wisata Pemandian Air Panas Ciater sebelum terkenal menjadi objek wisata seperti sekarang ini tempat ini adalah hutan alami dan dianggap oleh masyarakat sekitar sebagai hutan angker. Di hutan ada banyak pohon ater dan, menurut cerita yang beredar di kalangan masyarakat sekitar, telah terjadi kejadian dimana ada seseorang yang mencoba memotong pohonnya dan ternyata setelah pohon dipotong keluar aliran airnya yang cukup cepat.

Fenomena tersebut menjadi sangat membantu masyarakat setempat yang pada saat itu mengalami kesulitan memperoleh air minum. Bahkan tidak sedikit orang yang percaya bahwa aliran air yang keluar dari berkas pohon ater memiliki khasiat mengobati beberapa penyakit.

Namun ternyata kepercayaan warga diperkuat dengan hasil penelitian peneliti Belanda yang berbagi tes terhadap air itu dan hasilnya adalah air tersebut memiliki khasiat.

Sekitar tahun 1960 ada tokoh masyarakat bernama Embah Eros membuka kawasan hutan tersebut, di mana daerah yang selama ini dianggap sebagai tempat berhantu berubah menjadi kota berpenduduk padat dan diberi nama Ciater, yang berarti air yang memancar. Dari situlah nama Ciater dimulai dan sekarang sangat ramai di kunjungi dan menjadi tempat wisata pemandian air panas.

Beberapa tahun kemudian, tenaga air panas di kecamatan Ciater mulai digunakan oleh Pemkab Subang bekerjasama dengan dinas pekerjaan umum guna bisa membangun pemandian air panas yang sekarang kita kenal sebagai Pemandian Air Panas Ciater.

Pemandian Air Panas Ciater memiliki banyak keistimewaan dan banyak hal yang dapat Anda rasakan ketika datang ke tempat wisata ini. Dari perjalanan ke lokasi tempat menarik ini, di mana Anda bisa melihat pemandangan yang indah hingga hamparan hijau, dengan taman teh hijau di sebelah kiri dan udara segar khas pegunungan akan memberi Anda kenyamanan dalam perjalanan menuju kepemandian ini.

Setelah sampai di tempat pemandian ini ada banyak penginapan yang di kelolah oleh berbagai pihak, tentu saja di penginapan Anda juga memiliki fasilitas air panas, dengan fasilitas ini tentu bisa dengan sangat puas bernedam tanpa perlu merasa malu dilihat oleh orang-orang disekitar Anda. Selain menikmati air panas, di tempat wisata ini Anda juga bisa menikmati pemandangan air terjun yang ditutupi uap yang berasal dari uap di sekitar Kompleks pemandian Air Panas Ciater.

Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya, air panas ini memiliki banyak manfaat, seperti yang ditunjukkan oleh uji klinis yang menghasilkan sumber panas di kompleks ini yang mengandung cukup kalsium, mineral, magnesium, asam sulfat dan klorida. Air panas ini berasal dari mata air Ciater yang memiliki suhu sekitar 46 derajat celcius. Namun saat mencapai area pemandian, suhu air mencapai 37 derajat celcius, sehingga panas air disini sangat pas sekali untuk berendam.

Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dengan berendam di dalam pemandian air panas ini. Selain menghilangkan penyakit kulit, air panas bisa mengobati penyakit lain seperti rematik, darah tinggi dan bahkan stroke ringan bisa disembuhkan dengan mandi di Pemandian Air Panas Ciater.

Tentu saja, khasiat air panas di pemandian ini pastinya bisa anda rasakan jika Anda mandi secara teratur di pemandian ini. Karena khasiat air panas Sari Ater, manajemen menyediakan layanan terapi pengobatan.

Baca juga :

10+ Tempat Wisata Di Subang Yang Paling Banyak Di Kunjungi Oleh Wisatawan | Wisatajalan.com

Lokasi dan Rute Air Panas Ciater

gambar pemandian air panas ciater

Karena letak pemandian air panas yang berada di dekat kota Bandung, banyak wisatawan mengatakan bahwa pemandian air panas ada di Bandung. Padahal pemandian air panas ciater masuk ke dalam Kecamatan Ciater yang terletak di Kabupaten Subang, sehingga pemandian air panas otomatis dari ciater ini berada di Kabupaten Subang bukan di Bandung.

Ada rute yang bisa Anda ambil saat ingin mengunjungi air mandi dengan air panas, di mana Anda bisa mencapai fasilitas pemandian air panas yang terletak di kabupaten Subang ini dengan menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi. Selain itu, perjalanan ke lokasi lokasi tidak akan membosankan, karena sepanjang jalan Anda bisa menikmati pemandangan taman teh hijau dan udara pegunungan yang segar sehingga perjalanan Anda tidak melelahkan.

Meski pemandian ini terletak di kecamatan subang, namun jarak dari kota Bandung sangat dekat, hanya sekitar 30 kilometer, karena itulah bagi anda yang berada di daerah Bandung tidak perlu takut akan jauhnya.

Bahkan jika saat ini di berada di Lembang Bandung, maka Anda hanya perlu waktu sekitar 15 menit untuk sampai ke pemandian air panas ini. Karena jaraknya yang dekat, banyak warga Bandung menghabiskan waktu liburan mereka di pemandian air panas ciater ini, hanya untuk berendam di air panas dan melepaskan lelah yang mereka rasakan.

Sedangkan untuk keberangkatan Anda dari Jakarta Anda memiliki dua pilihan untuk sampai ke Sumber Air Panas Ciater yang pertama melalui puncak sejauh 212km atau melalui jalan tol Cikampek bekasi  yang berjarak hanya sekitar 185km maka anda sudah bisa ke pemandian air panas ciater.

Bagi Anda yang menggunakan angkutan umum dari kota Bandung, Anda bisa naik angkot atau bus ke terminal Ledeng. Dari sana Anda bisa menggunakan transportasi umum lagi yang jurusannya Ledeng – Lembang kemudian dari terminal Lembang Anda bisa menggunakna angkutan umum dengan jurusan Lembang – Subang, maka anda akan menempuh perjalanan sekitar 25 menit dan anda harus turun di jalan cagak kec Cianterlalu anda sudah tiba di lokasi pemandian air panas ciater.

Baca juga :

Info Lengkap Taman Safari Prigen Pasuruan “Harga Tiket Masuk” | Wisatajalan.com

Harga Tiket dan Jam Operasi Pemandian Air Panas Ciater

Udara dingin di sekitar Ciater membuat orang ingin menyimpang dengan pergi ke pemandian air panas ini. Tapi sebelum Anda bisa menikmati hangatnya air di pemandian air panas Ciater, pertama Anda harus membayar tiket masuk yang sudah ditentukan oleh pengelolah pemandian air panas ciater ini.

Dimana untuk memasuki kawasan tersebut harus membayar biaya 22.000 per orang, sedangkan untuk pintu masuk kolam utama dikenakan biaya 88.000 per orang dan untuk tiket masuk kolam sederhana dibebankan biaya sebesar 50.000 per orang.

Kategori Harga (Rp.)
Tiket Masuk Area Pemandian Rp 22.000/orang
Tiket Masuk Kolam Air Panas Utama Rp 80.000/orang
Tiket Masuk Kolam Pemandian Sederhana Rp 20.000-Rp 55.000/orang

Hal ini cukup mahal hanya untuk pemandian air panas. Tapi meski mahal, sensai serta manfaat yang bisa Anda dapatkan saat mandi di Pemandian Air Panas Ciater tidak akan mengecewakan Anda.

Bagi anda yang punya keinginan untuk pergi ke tempat ini, tapi bingun mencari waktu yang tepat? Anda tidak perlu khawartir, karena Air Panas Ciater buka setiap 24 jam. Sehingga pengunjung bisa datang ke pemandian air panas ini setiap saat.

Baca juga :

Balitsa Lembang – Tempat Wisata Alam Di Bandung Yang Sangat Menyenangkan & Menambah Wawasan

Fasilitas Pemandian Air Panas Ciater

Pemanidan Air Panas Ciater adalah pemandian air panas terbesar di Jawa Barat, dimana kamar mandi ini memiliki luas tanah hingga 30 hektar yang bisa menampung hingga 6.000 orang. Tentunya, sebagai pemandian yang besar Pemandian Air Panas Ciater harus memiliki fasilitas yang bisa memanjakan para wisatawan yang datang berkunjung ke tempat ini. Berikut adalah daftar fasilitas yang dimiliki Pemandian Air Panas Ciater ini

Kawasan bersepeda: dimana pengunjung bisa menggunakan sepeda yang bisa digunakan untuk bergerak di sekitar kawasan pemandian.

Berparahu: Di dalam area mandi ada sungai yang dilengkapi dengan perahu. Di mana Anda juga bisa bergerak menggunakan sepeda, Anda juga bisa bergerak dalam perahu.

Bidang olah raga: bagi wisatawan yang ingin tinggal beberapa hari di tempat ini dan ingin melakukan kegiatan olahraga, maka Anda tidak perlu khawair. Karena Pemandian Air Panas Ciater memiliki lapangan voli, lapangan tenis, lapangan golf dan bola basket yang bisa digunakan semua pengunjung.

Ada juga akomodasi berupa hotel murah dan villa yang menawarkan pemandian air panas.

Ourbond: Bagi anda yang datang bersama keluarga atau orang terdekat, maka anda bisa mencoba fasilitas Outbond yang telah disediakan pengelolah.

Dan fasilitas pendukung lainnya seperti WC umum, tempat parkir dan masjid semuanya ada di pemandian ini.

Baca juga :

Nah gimana menarik bukan sob tempat wisatanya jadi tunggu apalagi buat anda yang ingin merasakan segarnya air di pemandian air panas ini cepatlah bergegas dan luangkan waktu anda, untuk informasi menarik lainnya mengenai tempat wisata, kunjungi terus wisatajalan.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *