Taman Nasional Way Kambas | Di Berkahi Sebagai Taman Warisan ASEAN

Posted on

Taman Nasional Way Kambas – Taman Nasional Way Kambas adalah sebuah taman nasional perlindungan gajah yang terletak di daerah Lampung tepatnya di Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur, Indonesia. Selain ada di Way Kambas, sekolah gajah atau Pusat Latihan Gajah juga bisa kita temui di Minas, Riau. Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) yang hidup di kawasan ini semakin berkurang jumlahnya.

Sejarah Taman Nasional Way Kambas

gambar taman nasional way kambas

Taman Nasional Way Kambas berdiri di tahun 1985 merupakan sekolah gajah pertama di Indonesia. Dengan nama awal Pusat Latihan Gajah atau yang di singkat dengan sebutan PLG namun semenjak beberapa tahun terakhir ini namanya berubah menjadi Pusat Konservasi Gajah atau yang di singkat dengan sebuatan PKG yang diharapkan mampu menjadi pusat konservasi gajah dalam penjinakan, pelatihan, perkembang biakan dan juga konservasi.

Hingga sekarang PKG ini telah melatih sekitar 300 ekor gajah yang telah disebar ke seluruh penjuru yang ada Tanah Air. Di Way Kambas juga tedapat International Rhino Foundation yang bertugas untuk menjaga spesies badak agar tidak terancam punah.

“Tour”Di Taman Nasional Way Kambas ini juga terdapat beberapa hewan yang hampir punah di antaranya Badak sumatera, Gajah Sumatera, Harimau sumatera, Buaya sepit, Mentok Rimba. Untuk tanaman banyak diketemukan Api-api, Pidada, Nipah, pandan. Di bagian pesisir dari Taman Nasional Way Kambas yang berawa juga sering ditemukan berbagai jenis-jenis burung antara lain ada Bangau Tongtong, Sempidan Biru, Kuau raja, Burung Pependang Timur, dan beberapa burung lainnya.

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Way Kambas

Harga masuk Taman Nasional Way Kambas ada dua yaitu ke konservasi gajah dan ke way kanan resort, untuk masuk ke konservasi gajah anda akan dikenakan tarif sekitar 20.000 perorangnya. Apabila anda ingin pergi ke way kanan resort dimana terdapat penangkaran Badak Sumatera, anda harus meminta SIMAKSI yaitu surat izin masuk dengan tarif 30.000 perorang.

Untuk informasi yang lebih update anda bisa menghubungi Bapak Slamet Riyadi yeitu seorang ranger dan penjaga pintu masuk Taman Nasional Way Kambas dengan Nomor 0853-7780-5517. Anda bisa menanyakan secara langsung. Jika anda ingin menginap di taman nasional Way Kambas yaitu ada di dekat konservasi gajah anda bisa meminta surat SIMAKSI ke Pos Penjaga.

Baca juga :

Penetapan Taman Nasional Way Kambas (TNWK)

Taman Nasional Way Kambas (TNWK) ditetapkan sebagai kawasan Taman Warisan ASEAN (ASEAN Heritage Park).  Penetapan ini menjadikan TNWK sebagai Taman Warisan ASEAN ke-4 yang ada di Indonesia atau ke-36 di Asia Tenggara.

Penetapan kawasan konservasi menjadi salah satu Taman Warisan ASEAN merupakan salah satu upaya untuk melestarikan kawasan di wilayah ASEAN yang dikenal akan keanekaragaman hayati dan nilai ekosistemnya yang sangat tinggi.

Dalam acara pembukaan pertemuan ASEAN Heritage Park Committee V, di Bandar Lampung, Senin (25/7), Pelaksana Tugas dari Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Sutono mengatakan, penetapan Taman Nasional Way Kambas sebagai Taman Warisan ASEAN akan menjadi komitmen bersama dengan Komisi ASEAN Heritage Park guna terus memelihara proses ekologis dan juga sistem pendukung kehidupan.

Di samping itu juga untuk memastikan pemanfaatan spesies dan ekosistem secara berkelanjutan, melestarikan keragaman genetik, budaya, menjaga keindahan alam, dan mendukung pendidikan, penelitian, serta pariwisata di TNWK.

Manfaat Yang diinginkan

agar pengelolaan kawasan lestari dapat memberikan manfaat yang sangat optimal, tidak hanya manfaat ekologis, akan tetapi juga sosial ekonomi bagi masyarakat yang ada di sekitar hutan,” ujar Sutono seperti dikutip dari Antara, pada Selasa (26/7).

Taman Nasional Way Kambas menempati lahan yang mempuanyai luas 1.300 km persegi dari hutan dataran rendah dan ada pantai di sekitar Sungai Way Kambas di sebelah timur Provinsi Lampung. selain terdapat pusat konservasi gajah, di TNWK juga terdapat Suaka Rhino Sumatera atau yang di singkat dengan sebuatan SRS yang merupakan satu-satunya lokasi tempat pengembang biakan badak Sumatera secara semi alami di Asia ataupun dunia.

Maps Atau Rute Menuju Ke Taman Nasional Way Kambas

Sekian ulasan kami tentang Taman Nasional Way Kambas semoga ulasan dari wisatajalan.com bisa bermanfaat bagi teman-teman yang ingin ke menuju ke tempat wisata ini.

Baca juga tujuan wisata lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *