Tips Rafting (Arung Jeram) Untuk Pemula Yang Harus Anda Ketahui Sebelum Mencobanya

Posted on

Rafting  (Arung Jeram) – merupakan sebuah kegiatan seru yang sangat memacu adrenalin, arum jeram dilakukan di sungan yan mempunyai aliran cukup deras dan juga luas. Bagi sebaian orang yang sudah pernah melakukan kegiatan ini mingkin tidak terlalu bingung lagi untuk bermaninnya. Tapi bagi sebagian orang yang belum pernah melakukan wahana satu ini pasti akan kebingungan bagaimanan cara menjaga keseimbangan atau sebagainya.

gambar rafting (arung jeram)

Sebenarnya pada saat anda pertama kali akan melakukan wahana arung jrema atau rafting, pemandu akan menjelaskan terlebih dahulu tips yang harus anda lakukan, mulai dari bagaimana cara mendayung, hingga apa yang harus anda lakukan pada saat perahu terbalik dan atau lainnya.

Nah dibawah ini sudah admin siapkan beberapa tips bagi anda yang baru pertama kali akan mencoba olahraga arung jeram/rafting, yuk kita bahasa.

1. Kondisi Tubuh

Hal pertama kalai yang harus anda perhatikan tentunya adalah kondisi tubuh kita, apakah kondisi tubuh kita sedang sakit atau sedang tidak enak semacamnya.

2. Pilihlah Operator Yang Terpercaya

Populernya olahraga arung jeram membuat banyak sekali operator rafting yang bisa kita temui di Indonesia, akan tetapi sayangnya tidak semua operator mempunyai fasilitas dan pelayanan yang baik.

Maka dari itu sebelum anda memulai aktifitas arung jeram ada baiknya anda pastikan terlebih dahulu operator mana yang benar-benar sudah terpercaya. Tipsnya adalah dengan memilih operator yang sudah lumayan dikenal.

3. Pemanasan

Pada saat akan melakukan kegiatan outdoor pastikan anda selalu melakukan peregangan atau pemanasan supaya otot tubuh tidak kaku, hal ini tentu sangat berbaha jika pada saat anda sedang melakukan kegiatan ini tiba-tiba anda merasa keram otot.

Baca juga :

  1. Pantai Drini – Pantai Tenang Yang Ramai Di Kunjungi Di Gunung Kidul | Wisata Jalan
  2. Pantai Pok Tunggal Surga Tersembunyi Dengan Pohon Duras Yang Ada Di Jogja

4. Jangan Membawa Barang Elektronik Saat Arung Jeram

Alasan ini tentu karena anda akan berada di medan yang bawah, jadi pastikan kalau anda tidak membawa barang-barang elektronik, atau jika anda ngotot ingin membawanya pastikan barang anda sudah dilengkapi dengan water case supaya tidak di masuki air.

5. Gunakan Peralatan Arung Jeram

Ini adalah poin paling penting di dalam kegiatan arung jeram, pastikan anda menggunakan peralatan yang aman ya bro.

6. Hal Yang Dilakukan Pada Saat Jatuh Dari Perahu

Pada saat anda terjatuh dari perahu, anda jangan langsung panik, cukup tenang dan langsung rubah posisi tubuh anda menjadi terlentang.

Arahkan pandangan anda tetap ke arah depan dengan kaki agak di angkat sedikit kedepan. Hal ini dilakukan untuk menghindari kalau ada batu didepan maka anda bisa langsung menghindarinya dengan kaki, tunggu hingga pemandu datang menolong.

7. Ketika Perahu Terbalik Saat Arung Jeram

Terkadang pada saat melakukan wahan arung jeram perahu kita sering kali terbalik karena berbenturan dengan batu atau bahkan disengaja guna menambah keseruan.

Pada saat perahu terbalik anda tetap tidak boleh panik, anda hanya perlu menyelam lalu keluar dari dalam perahu lalu ikuti saja tips seperti yang diatas tadi.

Baca juga :

  1. Air Terjun Sri Gethuk | Wisata Alam Di Gunung Kidul Yogyakarta Yang Mempunyai Pesona Luar Biasa
  2. Info Lengkap Umbul Sidomukti Kawasan Wisata Alam | Tempat Wisata Di Semarang
  3. Info Lengkap Pantai Nglambor Gunung Kidul | Akuarium Semesta Dengan Sepasang Kura-Kura
  4. Curug Ciherang Jonggol, Tempat Wisata Air Terjun Dan Rumah Pohon Di Bogor

Demikianlah ulasan dari wisata jalan yang mengulas tentang tips Rafting (Arung jeram) untuk pemula semoga bisa sangat bermanfaat untuk anda.

Tips Rafting (Arung Jeram) Untuk Pemula Yang Harus Anda Ketahui Sebelum Mencobanya
5 (100%) 1 vote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *